Saturday, October 1st, 2011

Jelang diputarnya roda kompetisi Indonesia Super League (ISL) musim 2011-2012, seluruh tim terus melakukan persiapannya. Dan persiapan paling utama saat ini dilakukan klub selain menyusun kekuatan tim adalah mempersiapkan infrastruktur serta kelengkapan manajemen lainnya.

Stadion Segiri Samarinda, akan dikunjungi tim verifikasi AFC.

Pasalnya tim verifikasi dari Asian Football Confederation (AFC), akan melakukan peninjauan sarana pertandingan di seluruh klub. Dan Persisam Putra mendapat giliran verifikasi pada 6 Oktober mendatang.

Jadwal ini diperoleh setelah PSSI mengirimkan surat ke seluruh klub yang ditandatangani Sekjen PSSI, Tri Goestoro. Verifikasi Stadion Segiri sebagai kandang Persisam Putra menurut jadwal akan dilihat pada pukul 13.00 Wita hingga 15.00 Wita, atau setelah tim verifikasi AFC berkunjung ke Stadion Persiba Balikpapan. Sementara untuk Mitra Kukar, tim AFC baru meninjau Stadion Aji Imbut di Tenggarong Seberang keesokan harinya.

General Manager Persisam Putra Tommy Ermanto Pasemah kemarin sore menjelaskan, dalam surat yang dilayangkan PSSI tersebut terdapat beberapa persyaratan untuk seluruh tim yang wajib dipenuhi saat verifikasi dijalankan. Salah satunya adalah mempersiapkan semua dokumen asli dari kontrak pemain, hingga sistem perhitungan jumlah penonton.

“Ada 13 persyaratan utama harus kami persiapkan untuk tanggal 6 Oktober tersebut. Selain itu tim juga harus bisa menjelaskan visi dan misi serta target serta bisnis plan klub lainnya. Yang jelas kami sudah persiapkan semua segala persyaratan yang diminta AFC,” terang Tommy.

Saat verifikasi dilaksanakan, seluruh klub juga harus mempersiapkan komponen pengurusnya untuk menjelaskan pada AFC soal kesiapan tim secara keseluruhan. Pengurus yang wajib hadir saat verifikasi tersebut adalah Managing Director, Finance Officer, Legal Officer, Marketing Officer, Media Officer serta Security Officer.

Yang jelas untuk lapangan Segiri serta kelengkapan stadion lainnya, Tommy menegaskan sudah tak ada masalah lagi. Namun pembenahan tetap dilakukan untuk lebih meyakinkan pihak AFC kalau Stadion Segiri benar-benar layak untuk digunakan sebagai kandang Persisam Putra.

“Sebenarnya kita sudah siap kapanpun verifikasi dilakukan. Tapi kami tetap melakukan pembenahan di beberapa sisi stadion, termasuk beberapa ruangan yang kami anggap belum sempurna. Mudah-mudahan hasil verifikasi nanti memuaskan kami dan membuat bangga masyarakat Samarinda,” harapnya. (upi)



Share This Post To :



Leave a Reply