Monday, November 22nd, 2010

Nyanyian rasis yang diperdengarkan Balistik, Sabtu (20/11) malam kemarin tampaknya tak hanya membuat suasana suporter Kaltim memanas, namun sikap memalukan Balistik ini membuat hubungan suporter Kaltim dan Jawa terkena imbasnya.

Okto Tyson (Bonek) bersama Fajrian Nur (Pusamania) memiliki hubungan baik secara individu dan organisasi, kondisi ini jelas tak bisa disusupi suporter luar non resmi.

Seperti diketahui, saat Balistik menyanyikan lagu hinaan kepada Persisam dan Pusamania ketika laga Persiba vs Persiwa di Stadion Persiba Balikpapan tersebut, beberapa atribut Bonek (Suporter Persebaya) muncul dijejeran suporter yang tak kurang memiliki 500 anggota itu. Selain menyanyikan lagu memalukan itu, sebenarnya Balistik juga ingin memasang spanduk anti Pusam di tribun timur wadah PFC memberikan dukungan kepada Persiba, namun sikap ksatria lebih ditunjukkan PFC beserta masyarakat Balikpapan di tribun timur yang menolak dipajangnya spanduk tersebut.

Saat dikonfirmasi langsung ketua Pusamania, Tommy Ermanto Pasemah, perihal adanya suporter berpakaian hijau-hijau khas pendukung Persebaya di Balistik, penegasan langsung diungkapkan petinggi Bonek pusat yang berada di Surabaya.

“Saya sudah berkomunikasi langsung dengan petinggi Bonek dan secara resmi mereka (Bonek, red) tidak mendukung tindakan Balistik, apalagi sampai mengintruksikan Bonek bergabung dengan Balistik. Kalaupun mereka (Balistik, red) nanti mengklaim mendapatkan dukungan Bonek, itu hanya akal-akalan mereka untuk mencari simpati,” jelas Tommy Ermanto.

“Dalam kasus ini Bonek bersikap netral, tapi mereka tidak membenarkan bahwa anggotanya yang ikut bernyanyian rasis bersama suporter itu (Balistik, red) kemarin,” tambah Tommy.

Sikap Balistik bernyanyi rasis yang seakan mencari dukungan dari suporter luar dengan memperlihatkan Bonek di tempat mereka mendukung Persiba memang patut diwaspadai. Kondisi ini jelas untuk memecah belah hubungan baik antar suporter.

Apalagi selama ini, suporter di bumi Kalimantan yang bernaung secara resmi di AS Kaltim sepakat untuk tidak menyanyikan nada berbau rasisme kepada sesama suporter, terutama suporter Kaltim.

Dalam rapat koordinasi belum lama ini antara anggota AS Kaltim di Samarinda, baik Mitra Mania (Mitra Kukar), Bontang Mania (Bontang FC) dan PFC (Suporter resmi Persiba) maupun Pusamania mengharamkan nyanyian rasis.

“Suporter Kaltim sepakat untuk tidak bersikap kampungan dan itu dilakukan dengan saling menghargai. Namun untuk suporter yang tidak resmi apalagi sampai bertingkah untuk memecah belah hubungan sesama suporter. Jelas itu menjadi musuh bersama karena tujuan mereka hanya untuk membuat suasana suporter Kaltim tidak kondusif,” tandas Tommy.

Sementara itu, dari penelusuran yang dilakukan Pusamania dibantu dengan PFC (suporter resmi Persiba) terdapat foto anggota Balistik yang sedang mengunakan atribut Bonek.

Meski belum diketahui maksud dari motif ini, namun fakta ini membenarkan komentar petinggi Bonek yang mengatakan bukan Bonek yang berada di tribun Balistik, melainkan orang-orang Balistik yang berbaju Bonek yang memanfaatkan situasi agar hubungan Pusamania dan Bonek memanas. (eno/pc)

Poto bawah paling kanan diketahui bernama Iwan Setiawan, anggota Balistik berbaju Bonek, dari informasinya Iwan juga masuk dalam struktural pengurus inti Balistik Bidang Dana & Usaha.



Share This Post To :



58 Responses to “Bonek Bantah Dukung Balistik”

  1. anu says:

    balistik anjing

  2. bukan suporter says:

    sama aja PUSAMANIA JUGA BANCI, MASA biar suporter cewek dr bontang fc di pukul juga…
    PUSSAMPAH ITU BAU BAGAIKAN BAU BANGKAI ANJING

  3. madan pusam sejati says:

    balistik itu anjink nya INDONESIA sekali musuh tetap musuh anjink balistik

  4. hamka says:

    Balistik(babi pakai lipstik)persiba lapangan kandang sapi
    wkwkwkwkw persiba stadion nya engaa di uruss engaa kaya persisam selalu di urusz

  5. balistik danc0k says:

    balistik Lapangan x KYa Lapangan GErilya Mzhieh BGuz GErilya balistik danCok asu

  6. Dicky Bonek says:

    sudahlah saudaraku..jangan berkelahi lagi…tak baik itu , palagi kalian satu daerah…Peace dong …

  7. adi persisam love says:

    Sekali Anjing Tetap Anjing BALISTIK anjing….
    Balistik asu JAncok Kontol TEmpe,,,

  8. briyan don't like balistik says:

    balistik teroris nya as kaltim yang harus di tembak mati……..

Leave a Reply