Tuesday, November 6th, 2012

Indonesia Super League 2012-13 akan diputar secara serentak pada awal tahun depan. Berbagai persiapan telah dilakukan klub peserta didalamnya. Sama halnya dengan Persisam, beberapa klub juga telah membuat kekuatan khusus untuk bersaing meraih tahta juara. Dan berikut ulasan spesial kami mengenai kesiapan 19 klub pesaing Persisam.

1. Arema Indonesia
Resmi di akuisisi oleh PT Pelita Crounus sebagai pemilik. Arema seperti menjadi sebuah kekuatan dahsyat musim depan. Bergabungnya beberapa pemain top di Indonesia di tim asuhan Rahmad Darmawan tersebut, membuat jawara ISL musim 2009-10 itu di prediksi menjadi salah satu tim yang akan bersaing ketat memperebutkan tahta ISL 2012-13.

2. Persipura Jayapura
Tim besutan Jacksen F. Tiago itu telah resmi memperkenalkan skuad utama mereka untuk ISL 2012-13. Hengkangnya, Alberto Gonzalves ke Arema tak membuat lini depan Persipura kehilangan kekuatan. Beberapa materi muda asli Papua diproyeksi mengisi posisi yang ditinggalkan Beto. Bersama beberapa pemain senior seperti Boaz Salossa, Persipura tetap mematok target tinggi musim depan.

3. Persiram Raja Ampat
Tim berjuluk Dewa Laut ini dikabarkan telah menyiapkan Rp 20 milliar untuk menupang finansial klub di musim depan. Angka tersebut kemungkinan bisa bertambah mengingat tingginya dukungan pemerintah setempat untuk mencarikan sponsor dari pihak ketiga.

4. Persiwa Wamena
Tim Badai Pegunungan ini banyak kehilangan sejumlah pemain pilarnya musim mendatang. Erik Weeks Lewis dan Eddie Foday Bokay kabarnya memilih hengkang ke Sriwijaya FC. Meski demikian, klub yang bermarkas di Stadion Pendidikan Wamena itu tetap mempersiapkan skuadnya di musim depan. Setidaknya dengan dipertahankannya Gomes Oliveira sebagai pelatih utama menjadi jawabannya.

5. Persidafon Dafonsoro
Dibandingkan dengan tiga klub Papua lainnya, klub berjuluk Gabus Sentani ini menjadi tim paling adem ayem melakukan persiapan. Krisis finansial yang masih melilit Persidafon menjadi asalan tak bergairahnya mereka di bursa transfer musim ini. Apalagi, salah satu pemain muda berbakat, Ferinando Pahabol justru hijrah ke Persipura Jayapura.

6. Sriwijaya FC
Klub superior Pulau Sumatera ini menjadi satu diantara sedikit tim yang telah melakukan persiapan panjang jelang berlaga di ISL musim 2012-13. Berbekal dengan setengah materi anyar, Sriwijaya FC tetap mematok target tinggi di musim depan bersama Kas Hartadi, yang tetap dipercaya menjadi arsitek klub.

7. PSPS Pekanbaru
Ditinggal beberapa pemain intinya musim lalu, membuat PSPS terseok-seok mengarungi kompetisi ISL 2011-12. Hal itu ditambah dengan krisis finansial yang melanda. Beruntung geliat penyelenggaraan PON XVIII 2012 di Riau belum lama ini cukup berimbas terhadap iklim sepak bola Pekanbaru. Beberapa eks tim sepak bola Riau dikabarkan mendapat slot di skuad tim Asykar Bertuah musim depan.

8. Semen Padang
Klub ini bisa dikatakan menjadi tim yang paling siap berlaga di ISL 2012-13 mendatang. Baik secara finansial tim serta materi pemain diprediksi akan menjadi kekuatan menakutkan. Tim yang pada musim sebelumnya, berlaga di Indonesia Premier League itu juga menjadi klub terbanyak yang mengirim pemainnya di timnas Indonesia pada ajang AFF 2012 di Malaysia dan Thailand.

9. Mitra Kukar
Tim asal Kutai Kartanegara ini terus membangun kekuatan. Sikap jor-joran manajemen klub dalam mendapatkan pemain buruan melekat di klub berjuluk Naga Mekes itu. Beberapa pemain bintang seperti Hamka Hamzah, Ahmad Bustomi dan Esteban Carera dikabarkan tetap dipertahankan. Selain itu, materi anyar yang tak kalah mentereng disebut-sebut juga akan mengisi setiap lini tim yang pada musim sebelumnya berada di posisi 9 klasemen akhir ISL 2011-12.

10. Persiba Balikpapan
Manajemen Beruang Madu sepertinya terus berupaya membuat tim yang bermarkas di Stadion Parekesit itu eksis. Hal itu dibuktikan dengan terus mencari dukungan dari berbagai pihak dari segi keuangan. Maklum, klub asal Balikpapan itu selalu dibelit masalah finansial dalam beberapa musim terakhir.

11. Barito Putera
Jawara Divisi Utama 2011-12 ini menambah semarak tim asal Kalimantan di pentas sepak bola tertinggi Indonesia. Ditopang kekuatan finansial berlimpah dari Hasnur Grup, Barito Putera diprediksi akan menjadi kekuatan menakutkan diantara klub-klub Pulau Kalimantan lainnya.

12. Persija Jakarta
Klub ibukota negara ini mendapat angin segar setelah Gubernur DKI terpilih berjanji akan segera membangunkan stadion khusus bagi klub berjuluk Macan Kemayoran tersebut. Permasalahan stadion menjadi kendala utama bagi tim kebanggaan Jakmania itu. Dalam beberapa tahun terakhir, Persija menjadi tim yang paling sering terusir menggelar laga kandang. Hal ini jelas berpengaruh terhadap kestabilan tim baik dalam keuntungan maupun prestasi. Untuk target, dibawah kendali Ferry Paulus bersama PT Persija Jaya Jakarta, Persija mematok berada di posisi teratas pada ISL 2012-13.

13. Persijap Jepara
Setelah semusim hengkang ke Liga Premier Indonesia, Persijap Jepara akhirnya kembali berlaga di Indonesia Super League. Klub asal Jawa Tengah itu saat ini belum terlalu terlihat bergerak di bursa transfer. Namun, beberapa sponsor disebut-sebut telah berminat menyokong kiprah Persijap musim depan.

14. Persegres Gresik
Berhasil mendatangkan Aldo Baretto membuat lini depan Persegres semakin bertambah tajam. Selain itu, masuknya beberapa nama pemain bintang lainnya di tim yang bermarkas di Stadion Petrokimia itu menjadi satu kekuatan baru dalam peta persaingan memburu gelar juara ISL 2012-13. Sokongan dari pemerintah setempat dalam membantu tim mencari sponsor dari pihak ketiga juga menjadi kunci utama kesiapan Persegres dalam bersaing di ISL musim depan.

15. Persela Lamongan
Berhasil sukses berada di posisi 4 klasemen akhir ISL musim lalu membuat Persela Lamongan kembali mematok hasil lebih tinggi pada musim depan. Namun, ditengah keinginan tersebut, Laskar Joko Tingkir hingga saat ini masih dihadapkan dengan faktor finansial yang tak stabil.

16. Persepam Madura United
Klub asal Pulau Madura ini berhasil naik ke kasta tertinggi ISL setelah sukses meraih posisi tiga mengalahkan PSIM Jogjakarta. Bermaterikan pemain berpengalaman Indriyanto Nugroho, Madura United menargetkan bisa bersaing membawa harum sepak bola Pulau Madura.

17. Persita Tanggerang
Lama berada di kasta nomor dua Ligina membuat Pendekar Cisadane tak ingin melepaskan kesempatan emas saat mereka berkesempatan kembali ke ISL. Namun, disaat target tinggi Persita Tanggerang memuncak, kendala tak layaknya Stadion Benteng sebagai markas mereka berlaga di ISL membuat kekuatan Persita sedikit tergerus.

18. Pelita Bandung Raya
Setelah resmi membeli hak kepemilikkan Pelita Jaya, Bandung Raya langsung tancap gas. Beberapa pemain bintang ternama Indonesia langsung menjadi buruan mereka. Sosok mantan pelatih timnas Filipina, Simon McMenemy dikabarkan selangkah lagi akan menanggani Bandung Raya.

19. Persib Bandung
Klub ini menjadi satu diantara klub paling aktif di bursa transfer pemain. Kesiapan PT Persib Bandung Bermartabat dalam mengelola Maung Bandung menjadi kunci utama kekuatan tim kebanggaan Bobotoh tersebut. Dari segi pemain, Persib juga terbilang menjanjikan. Hal itu dibuktikan mereka dengan meraih gelar juara pra-musim bertajuk Celebes Cup 2012 di Stadion Siliwangi, belum lama ini.



Share This Post To :



Comments are closed.